Senin, Maret 29, 2010

Nilai UTS Semester 2 Tahun 2010 IA dan IS

AINUN NISA NUR CAHYATIKA XI IPA - 1 85
ALUISIUS BACHTIAR BAYU SAPUTRA XI IPA - 1
AMIEN FAHRIANTO ADI XI IPA - 1 80
ANGGRAINI KUSWARDANI XI IPA - 1 82
ANINDYAKUSUMA HAPSARI XI IPA - 1 80
ANNISA KURNIAWATI XI IPA - 1 85
ARIFINA BUDI ASWATI XI IPA - 1 85
ARLINA HAPSARI XI IPA - 1 80
BAYU KANUGRAHAN LUKNANTO XI IPA - 1 85
DAMIA WIRDIANI XI IPA - 1 83
DEKANITA ESTRIE PAKSI XI IPA - 1 86
DYAH MAHANANI PRATIWI XI IPA - 1 82
FILLYANA TWISTA MAULANI XI IPA - 1 80
FRANCISCA LANA DARUNINGTYAS XI IPA - 1
HUMA LAILA RAMADHANI XI IPA - 1 80
IRA PUSPITA XI IPA - 1 80
JULIUS DIMAS ISHA PAMUNGKAS XI IPA - 1
KUNTHI ARISTIANI XI IPA - 1 82
KURNIA APRINTA HERASTUTI XI IPA - 1 83
LUKLU MARWAH RACHMAWATI XI IPA - 1 87
LULUT SEPTIARINI XI IPA - 1 80
MARIA UTDARI WIDIASTUTI XI IPA - 1
MAULANA MUQSITH LISTYAMARDITA XI IPA - 1 80
Muh. Eka Pramudita XI IPA - 1 80
MUHAMMAD RIFQI GHOZALI INDRAJATI XI IPA - 1 80
PRAMADITYA DEWI SEKARTAJI XI IPA - 1 82
RINA DWI ASTUTI XI IPA - 1 81
ROSALIA NATALIA SELEKY XI IPA - 1 82
SHEILA ANGGRI ASWARI XI IPA - 1 80
SITI FADHILAH XI IPA - 1 82
TRISNA WAHYU SWASDININGRUM PUTRI XI IPA - 1 85
ANINDITA INDRAPUTRA XI IPA - 2
ARDIANA KRISTY HELANIA XI IPA - 2 85
ARIEF FAIZIN XI IPA - 2 85
AZKA FAZA AULIARAHMA XI IPA - 2 87
AZKIA NASTITI XI IPA - 2 87
AZMI RAHMADANI XI IPA - 2 85
BERNADETTA ALNYBERA FEBRIANNANINGSIH XI IPA - 2
BIMA SUSANTIKA PERKASA PRIBADI XI IPA - 2 86
DARA PAVITA PRIMA XI IPA - 2 84
DEYLA PRAJNA ANINDITA H XI IPA - 2 85
DITYA ANGGREINA SETYAKUSUMA XI IPA - 2 88
DYAH ARI AFRILLIANI XI IPA - 2 89
ELDA DETRIA WIDYASTUTI XI IPA - 2 80
ELVIA NETRASARI XI IPA - 2 85
FAKHRIZAL QUDSI XI IPA - 2 85
HESTUNING WINDA MAHARANI XI IPA - 2 86
JULIUS SIDHATAMA XI IPA - 2 85
KHALDA ARUMNINGTYAS XI IPA - 2 85
NADIA ALAYDRUS XI IPA - 2 86
NAFRAREZA AJI NINDYAMUKTI XI IPA - 2 80
NOVIA NUR FITRIANA SARI XI IPA - 2 84
NURWIDYA AMBARWATI XI IPA - 2 85
PELANGI MUFIDA NANDA XI IPA - 2 84
PUTRI AMALIA RENATI XI IPA - 2 86
PUTRI MAYANG SARI XI IPA - 2 85
QUINDA SERAWATI XI IPA - 2 86
RINTA TRI RUNIKA XI IPA - 2 85
TALITHA ZUKMA ULVA ISLAMEY XI IPA - 2 84
VERONICA AYU WULAN TRISNANI XI IPA - 2
WIRAWAN SUSILATAMA PAMUNGKAS XI IPA - 2 84
YACINTA ASTRI DWI PUSPITASARI XI IPA - 2
YUANITA DEVI MARHENDRA PUTRI XI IPA - 2 86
AMALIA SYARA'FINA XI IPA - 3 84
AMIRA REYDHANI XI IPA - 3 80
AMMADEA OZZY MEGAWATY XI IPA - 3 80
ANGGA RAMADHAN SAPUTRA XI IPA - 3 80
ANIS WIDARYANTI MAHARDIKA XI IPA - 3 80
ARANDA AMATUL FIRDAUZY XI IPA - 3 80
ARI WIDIANTI XI IPA - 3 82
ASTHA LINGGAR FENDY KURNIAWAN XI IPA - 3 80
BRAMANTYO ADRIAN XI IPA - 3 85
CHATARINA ANJAR PUTRI LISTYA DEWI XI IPA - 3
DIMAS ENGGAL SUGIHARTO XI IPA - 3 85
DYAH INTEN NIMPUNA XI IPA - 3 85
ESTI SUCIATI XI IPA - 3 86
FADLI PRATAMA PUTRA XI IPA - 3 86
FITRI MEGA DAMAYANTI XI IPA - 3 83
FITRIA RINDI ASTIKA XI IPA - 3 82
FLORENTINA MAYA DEWAYANI XI IPA - 3
GEOSHINTA KUSUMAWARDANI XI IPA - 3 85
HANI PRANOWO JATI XI IPA - 3 84
HELENA INTAN AUGTANTIA XI IPA - 3
ICHSANIFFAH AYU SYAH ILLAH XI IPA - 3 84
ISMIYATUN XI IPA - 3 80
LAKSMIRA KUSUMO ADHANI XI IPA - 3 80
MARCELINA DIAN CHRISTYANTI XI IPA - 3
MIRA SUKMAWATI XI IPA - 3 88
MUHARANI DWI KIRANA XI IPA - 3 84
NIHAYATUN NI'MAH XI IPA - 3 84
PINTANTI DARAJATI XI IPA - 3 85
REINHART BRAMANTYA MAULANA XI IPA - 3 85
SHINTA NUR ATIKAH XI IPA - 3 86
STEVIANI PUSPITASARI XI IPA - 3 85
VERONICA PIETA TYAS TEJANINGRUM XI IPA - 3
YUSRINA KARTIKA RISTANTI XI IPA - 3 83
AGUSTUS WIJI GUNARDI XI IPA - 4 86
ANDRY LAVMI BUDI JATMIKANINGRUM XI IPA - 4
ARIFAN FAJAR ARITONANG XI IPA - 4
ARINDA RIYA PARALITA XI IPA - 4 82
ASALIA NOOR HANJANI XI IPA - 4 85
DANI ADITYATAMA XI IPA - 4 80
DELIA YANI MANDUAPESSY XI IPA - 4
Dyah Anggraini Ramadiningsih XI IPA - 4 89
ELIZABETH GRACE SIMANJUNTAK XI IPA - 4
GHIFARI ABDUS SALAM XI IPA - 4 86
IDA AYU PURNAMA XI IPA - 4
INDRA SATYA NUGRAHA XI IPA - 4 80
INTAN DEWI RAMADHANI XI IPA - 4 85
LITA AVIYANTI XI IPA - 4 83
MAULYDA PRITHA KURNIA SARI XI IPA - 4 84
MUHAMMAD ANUGRAH RAMADHAN ARIEF XI IPA - 4 86
MUHAMMAD HELNAN NAWAWI XI IPA - 4 85
MUTIARA RIZKY MEIDIANA XI IPA - 4 85
NADIRA AMAL XI IPA - 4 83
NIKE MALINDA KUSUMA PUTRI XI IPA - 4 87
NIZAMUDDIN AULIA XI IPA - 4 86
NOVITA NUGRAHAENI XI IPA - 4 83
NUR LAILY HARYANTI XI IPA - 4 84
PANDEGA DAMARJATI XI IPA - 4 86
PRASETYA ADITAMA SANTOSA PUTRA XI IPA - 4 88
PRIMA ERLISA XI IPA - 4 85
PRIMA SUSILA KURNIAWAN XI IPA - 4 85
RADEN RORO VINA MUTIARA SARI XI IPA - 4 86
RATRI ASTUTI XI IPA - 4 86
SHABRINA FITRIANI XI IPA - 4 86
SUSENO MAHARDIKO XI IPA - 4 85
TARIS NURIN AUNI XI IPA - 4 83
TRIANA SWASTIKA DEWI XI IPA - 4 85
ADRI LIBERTY SIMORANGKIR XI IPA - 5
ANGGRA NUR CAHYO XI IPA - 5 83
AYUKO SETYO ADIYANTI XI IPA - 5 83
DEBORA AYU ADISTY PRATIKNO XI IPA - 5
DEVIANA ANGGUN PUSPITASARI XI IPA - 5 85
DODDY SURYO PERMADI XI IPA - 5 84
DWI MARTINA DEWI XI IPA - 5 82
EDWINA NAOMI OCKTAVIANI SAMOSIR XI IPA - 5
HESTI KUSUMANINGRUM XI IPA - 5 84
ISTI RUSTI YANINGRUM XI IPA - 5 85
KARTIKA IRIANTHY ZEBUA XI IPA - 5
KHOLILATUL IZZA XI IPA - 5 84
KUSUMA DHILAGA XI IPA - 5 85
LAILA NURQUDSIA XI IPA - 5 86
LARASATI ANGGARA ADHANINGTYAS XI IPA - 5 86
LATIF ALFIANI DEWANTI XI IPA - 5 84
LUKITO ADI WICAKSONO XI IPA - 5 84
LUQITA SYEIRA INGGARASTI XI IPA - 5 88
MAHFUDZ AJI WICAKSONO M NUR XI IPA - 5 80
MELINA MONICA GREFI XI IPA - 5
MUHAMMAD RIDHWAN CLAUSTHIAWAN XI IPA - 5 85
MUSTIKA KUSUMANING WARDHANI XI IPA - 5 85
NADIA ADELIA XI IPA - 5 88
NINDA NONI DIYANI XI IPA - 5 86
NINDHA PRABANINGRUM XI IPA - 5 85
NISMA LUTHFITA SARI XI IPA - 5 85
PROGRESHA MUTHIARISTI XI IPA - 5 85
REZKY ARIESTA AGYASTAMA XI IPA - 5 84
SWASTIKA DEWI XI IPA - 5 83
WIDYAWATI XI IPA - 5 83
WINDY OCTAVIA BORU HOMBING XI IPA - 5
ZEGOVINE EL ZUNUSIYAH XI IPA - 5 86
AGNES KURNIA RATRI XI IPA - 6
ALFIAN GAUTAMA HERMAN XI IPA - 6 87
ALMARATUSH SHOOLICHAH RIDLO XI IPA - 6 87
ALPHA AULIATI PARADISIKA XI IPA - 6 87
ANGGITA INASSATIVA XI IPA - 6 86
DANISWARA NARPADUHITA XI IPA - 6
DIAH FITRIYANI WITANTI XI IPA - 6 85
DIOZA MELODIA XI IPA - 6 85
DONNY HUTAMA PUTRA XI IPA - 6 85
FAZA ANGGITA XI IPA - 6 84
FEROSA ARSADITA XI IPA - 6 84
HILDHA NURMALASARI DEWI XI IPA - 6 85
HYLMAN JATMIKO NUR WICAKSANA XI IPA - 6 85
KARINA DEMASTITI XI IPA - 6 86
KHOMSIYAH SISMIATI XI IPA - 6 86
KRISTIAN SETYO WIDAGDO XI IPA - 6
LANTIKA PERMATASARI XI IPA - 6 86
LINTANG SUMINAR XI IPA - 6 85
MAY TRI KARUNIAWATI XI IPA - 6 88
MELLYSA CHANDRA KUSUMA WARDHANI XI IPA - 6
NINA ERLINA RAHMATIKA SARI XI IPA - 6 86
NITYA SAPUTRI RIZAL XI IPA - 6 85
NOVITASARI ANGGIARINI XI IPA - 6 85
RADITHA FIRZA RAHMAPUTRI XI IPA - 6 85
RIBKA DWI KRISTANTI XI IPA - 6
RIZKY DARMA ABDURRAHMAN XI IPA - 6 84
SAVINA SABATHNINGTYAS XI IPA - 6
SUSETO MAHARDIKO XI IPA - 6 86
THORIFAH ZATU SABILA XI IPA - 6 85
YODHA BIMA WIDYADHANA XI IPA - 6 84
YOGA NOOR SETIAWAN XI IPA - 6 83
YOVANDI PERDANA PUTRA XI IPA - 6 85
ADITYA FIRZA PRATAMA XI IPS - 1 84
AGRITAMA PRASETYANTO XI IPS - 1 84
AHMAD FAISHAL AL-FATIH XI IPS - 1 83
ANGGUN WAHYU DEWAYANI XI IPS - 1 84
ANTONIUS ADI NUGROHO XI IPS - 1
ANTONIUS HARLY PRASETYO XI IPS - 1
ARINDA FEBRIANA DEWI XI IPS - 1 86
BERNADETA SEKAR DIORITA HANI PUTRI XI IPS - 1
DESHINTA WULAN PURWANDARI XI IPS - 1 84
DISTA MIRTA AYU LA UTE XI IPS - 1 85
DWI YUDHA PERWIRA XI IPS - 1 85
Ganang Triatma Indrianto XI IPS - 1 85
IZZATULLOH SUMIRATI NINGRUM XI IPS - 1 84
KURNIA PUTRI HIDAYANINGTYAS XI IPS - 1 86
LILANG LARASJIWO XI IPS - 1 82
MARIA CHRISTINE JULIA WARDANI XI IPS - 1
MARIA NITYA MADYASTA XI IPS - 1
MUHAMMAD NURDIN XI IPS - 1 82
MUHAMMAD RIZKY NANDA PRATAMA XI IPS - 1 80
REZA WAHYU KARTIKA XI IPS - 1 80
SELLY EMALYA XI IPS - 1
SHEILA GUMIWANG CASCALES XI IPS - 1 82
SUSAN MARDIANA XI IPS - 1 82
TALITHA FREDLINA AZALIA XI IPS - 1 83
TARA LUANA MEISYA XI IPS - 1 82
TERRA NDARU PUSPITASARI XI IPS - 1 80
TIARA VISSANASTRI XI IPS - 1 80
TITO ANDHARINGTYAS XI IPS - 1 80
WIDYA SALMA FITHRIA XI IPS - 1 81
YUSTINUS DODDIE MARTHA SAJUNI XI IPS - 1
ABDUL FARIS MAKARIM XI IPS - 2 83
ADLINA LARASATI XI IPS - 2 84
ARNANDA ARVI UNTARI XI IPS - 2 84
ARYANI SINDUNINGRUM XI IPS - 2 84
AWANIS AKALILI XI IPS - 2 85
AXEL EKA ARDANDA XI IPS - 2
BINTANG PRASOJO XI IPS - 2 80
BIROWO YASBIE KANIGORO XI IPS - 2 80
BUTET IKA FITRINA SIREGAR XI IPS - 2 84
DEVY PUTRI LARASATI XI IPS - 2 85
DIAH KHOIRUNNISA XI IPS - 2 83
FIIDA NOOR ARIEFSHA XI IPS - 2 86
JULIETTA VICKY KURNIAWAN XI IPS - 2 86
KANTITARINA XI IPS - 2 82
KUNTO WIBISONO XI IPS - 2 80
MADA PUDYATAMA XI IPS - 2 80
NOVICA ENDRIANA SARI XI IPS - 2 82
NUR JANNAH XI IPS - 2 83
RAHADIAN FAJAR XI IPS - 2 80
RIDDHO NOERVIANTO XI IPS - 2 80
TOMI HERSETA BAYU SUKMA XI IPS - 2 80
WAHYU SEPTIAN KUSUMAATMAJA XI IPS - 2 80

Kamis, Maret 11, 2010

Merancang Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural

MERANCANG PENDIDIKAN AGAMA
BERWAWASAN PLURALIS-MULTIKULTURAL

Oleh: Mohamad Kholil


ABSTRAK
Hingga saat ini, pendidikan agama di sekolah-sekolah maupun institusi pendidikan lainnya, dianggap masih cenderung dogmatis serta kurang mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif sehingga melahirkan pemahaman agama yang tekstual dan eksklusif. Dalam konteks inilah maka pendidikan agama melalui upaya pendekatan pluralis-multikultural merupakan sebuah keniscayaan. Pendidikan agama berwawasan pluralis-multikultural harus dirancang dan dikembangkan secara integratif, komprehensif dan konseptual, di mana rancang bangun pelaksanaannya sedikitnya harus berdasarkan susunan 4 piranti, yakni: reformasi kurikulum, pengajaran prinsip-prinsip keadilan sosial, pengembangan kompetensi multikultural, dan pelaksanaan pendidikan kesetaraan.
Dalam konteks pendidikan agama berwawasan multikultural, seorang pendidik (guru) dituntut bersikap demokratis. Seorang pendidik sudah seharusnya menjelaskan bahwa inti dari ajaran agama adalah menciptakan kedamaian dan kesejahteraan bagi seluruh umat manusia, dan segala bentuk kekerasan sangat dilarang oleh agama. Dalam hal ini, setiap unit pendidikan diharapkan dapat menerapkan peraturan lembaga yang di dalamnya mencakup poin tentang larangan segala bentuk diskriminasi, sehingga semua komponen yang ada di unit pendidikan itu dapat selalu belajar untuk saling menghargai orang lain yang berbeda. Dan pendidikan agama harus didekati secara estetik dan tidak doktrinal yang cenderung menekankan “otoritas-otoritas” kebenaran agama, akan tetapi lebih kepada sikap apresiatif terhadap gejala-gejala yang terjadi di masyarakat sebagai bagian dari dinamika hidup yang bernilai estetis laksana indahnya pelangi.
Adapun metode yang dapat diterapkan di dalam pendidikan agama berwawasan pluralis-multikultural adalah dengan “model komunikatif”. Yang diharapkan adanya sikap “lending and borrowing” serta saling mengenal antar tradisi dan agama. Sehingga bentuk-bentuk “truth claim” dan “salvation claim” dapat dihindarkan. Metode pada gilirannya akan melahirkan suasana interaksi dialogis yang merupakan suatu tuntutan yang dibangun di dalam kehidupan yang serba berbeda dan penuh keragaman. [ ]

A. Pendahuluan
Multikulturalisme merupakan suatu paham yang berupaya memahami perbedaan-perbedaan yang ada pada manusia sebagai sesuatu yang alamiah, serta menjadikan perbedaan-perbedaan itu sebagai hal yang dapat diterima tanpa menimbulkan ekses-ekses negatif berupa tindakan diskriminatif, saling iri hati dan berburuk sangka. Namun demikian, apabila paham ini tidak dikemas dalam ranah pendidikan dan penyadaran yang tepat dan proporsional, bukan tidak mungkin paham ini justeru akan menimbulkan potensi cukup besar bagi terjadinya konflik antar individu atau kelompok.
Peristiwa Ambon dan Poso misalnya, merupakan contoh kekerasan dan konflik horizontal yang telah menguras banyak energi dan sangat merugikan banyak pihak, tidak saja menyangkut jiwa dan materi, tetapi juga telah mengorbankan keharmonisan antar masyarakat di Indonesia. Prinsip keragaman di dalam masing-masing kelompok, akan mudah menimbulkan percikan-percikan konflik akibat banyaknya perbedaan. Maka, di sinilah kiranya pentingnya upaya pendidikan multikultural untuk menemukan tempatnya yang berarti, dan tentu saja sebagai upaya pemersatu bangsa.
Pendidikan multikultural adalah strategi pendidikan yang diaplikasikan untuk menggunakan dan mengelola perbedaan-perbedaan kultur yang ada di masyarakat menyangkut etnis, agama, bahasa, gender, ras, kelas sosial, usia, dan sebagainya menjadi sesuatu yang lebih potensial dan memudahkan dalam konteks pembelajaran dan pendidikan. Pendidikan multikultural juga berupaya melatih dan membangun karakter peserta didik agar memiliki sikap demokratis, humanis, dan pluralis dalam lingkungannya. Dalam hal ini, pendidikan dianggap sebagai media paling efektif untuk melahirkan generasi yang berpandangan positif dan apresiatif menyikapi perbedaan.
Selain itu, dalam konteks yang lebih luas pendidikan multikultural sesungguhnya merupakan seni di dalam mengelola keragaman sekaligus kehendak dan sistem politik akan pengakuan terhadap keberbedaan. Multikulturalisme, tidak kurang dari tiga dekade lamanya telah menjadi agenda bagi para pengambil keputusan, komentator sosial, akademisi dan publik secara luas. Meskipun dalam ranah kebijakan politis belum dapat segera diakomodir di seluruh belahan dunia (termasuk dalam konteks dunia pendidikan), namun paham ini sudah sangat populer dan diyakini mampu menjawab berbagai tantangan keragaman dan konflik yang terjadi di masyarakat.
Kaitannya dengan hal ini, “agama” merupakan sebuah entitas sosial dan budaya manusia yang sepanjang sejarahnya sering kali menjadi pemicu bagi terjadinya konflik dan aksi-aksi kekerasan. Ungkapan-ungkapan seperti “agama sebagai mesin pembunuh”, “tuhan telah mati”, merupakan ungkapan kritis-reflektif yang cukup populer akhir-akhir ini, sebagai respon dan kritik terhadap praktek dan pemahaman keberagamaan masyarakat yang sering kali keliru. Padahal agama seharusnya menjadi pendorong bagi terciptanya perdamaian dan kesejahteraan di antara umat manusia. Dalam konteks inilah maka pendidikan agama melalui upaya pendekatan multikultural merupakan sebuah keniscayaan.
B. Tujuan, Prinsip Pengembangan dan Rancangan Pendekatan (Metodologi) Pendidikan Agama Berwawasan Pluralis- Multikultural
1. Tujuan Pendidikan Multikultural
Akhir-akhir ini, pendidikan agama di setiap unit pendidikan baik sekolah maupun perguruan tinggi semakin mendapat sorotan tajam. Kritik paling menonjol yang sering dilontarkan terhadap pendidikan agama saat ini adalah bahwa pendidikan agama tidak berdampak pada perubahan prilaku peserta didik setelah mereka mengalami proses pendidikan agama tersebut. Meskipun di beberapa unit pendidikan materi agama diberikan dengan porsi yang cukup besar, namun tetap tidak mampu mencegah peserta didik berprilaku buruk seperti pergaulan bebas, tawuran, berpikiran sempit (dogmatis), kurangnya toleransi dan penghargaan terhadap orang lain. Maka tidak heran jika pada akhirnya banyak orang menjadi apatis dengan pendidikan agama, dan mempertanyakan sejauh mana efektifitas mata pelajaran tersebut bagi peningkatan kesadaran peserta didik baik secara kultural maupun agama.
Pembelajaran dalam koridor pendidikan agama saat ini masih cenderung dogmatis serta kurang mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif sehingga melahirkan pemahaman agama yang cenderung tekstual dan eksklusif. Pendidikan agama semacam ini tentu akan menuai banyak konflik. Padahal, salah satu modal penting dalam pengembangan pembelajaran agama yang inklusif dan pluralis adalah melalui pendidikan agama. Di era multikulturalisme ini, pendidikan agama merupakan pilar penyangga bagi kerukunan umat beragama, sehingga diharapkan ia tidak saja menjadi fondasi integritas nasional yang kokoh tetapi juga menjadi fondasi pengayom keberagaman yang sejati.
Oleh karenanya, dengan memanfaatkan keragaman agama-agama yang ada serta melalui bentuk pembelajaran agama yang dialogis, pendidikan agama berwawasan multikultural diharapkan memiliki karakteristik khas yang meliputi: penanaman kesadaran akan pentingnya hidup bersama dalam keragaman dan perbedaan agama yang ada, penanaman semangat relasi antar manusia dengan spirit kesetaraan dan kesederajatan, saling percaya, saling memahami, menghargai perbedaan dan keunikan agama-agama, serta menerima perbedaan-perbedaan dengan pikiran terbuka demi mengatasi konflik untuk terciptanya perdamaian dan kedamaian.
Di dalam bukunya “Emoh Sekolah”, Ainurrofiq Dawam menjelaskan bahwa pendidikan multikultural adalah proses pengembangan seluruh potensi manusia yang menghargai pluralitas dan heterogenitasnya sebagai konsekuensi keragaman budaya, etnis, suku dan aliran (agama). Pendidikan multikultural menghendaki penghormatan dan penghargaan setinggi-tingginya terhadap harkat dan martabat manusia dari mana pun datangnya dan berbudaya apapun. Harapannya agar dapat tercapai kedamaian sejati, keamanan yang tidak dihantui kecemasan dan kebahagiaan tanpa rekayasa.
Selain itu, Adnan Aslan sebagaimana dikutip oleh Ngainun Naim juga menyatakan bahwa istilah “multikultural” atau “pluralis” dan berbagai varian penggunaannya merupakan isu global yang memaksa setiap komunitas untuk menerimanya. Istilah itu telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kecenderungan arus utama globalisasi.
Berangkat dari pandangan di atas, maka pendidikan multikultural setidaknya memiliki 2 tujuan besar, yakni tujuan awal dan tujuan akhir.
Tujuan awal pendidikan multikultural merupakan tujuan sementara yang berfungsi agar tujuan akhir dapat tercapai dengan baik. Dalam hal ini, tujuan awal pendidikan multikultural adalah membangun wacana pendidikan multikultural dan penanaman nilai-nilai pluralisme, humanisme dan demokrasi terhadap para pelaku pendidikan.
Sedangkan tujuan akhir dari pendidikan multikultural adalah agar peserta didik mampu memahami dan menguasai setiap materi pembelajaran serta memiliki karakter yang kuat untuk selalu bersikap demokratis, pluralis dan demokratis.
Multikulturalisme mengandung pengertian kemajemukan budaya, sementara pluralisme lebih kepada kemajemukan agama. Dalam konteks ini, istilah Pendidikan Islam Pluralis-Multikultural berarti sikap menerima kemajemukan ekspresi budaya manusia dalam memahami pesan utama agama, terlepas dari rincian anutannya.


2. Prinsip Pengembangan Pendidikan Multikultural
Pendidikan pluralis-multikultural seyogyanya dimulai dari aspek yang paling kecil, yaitu diri sendiri. Prinsip ini menekankan pendidikan dimulai dari pengenalan terhadap jati diri sendiri, bukan jati diri yang lain. Keterlibatan seseorang dalam pendidikan multikultural akan terjadi apabila ia melihat ada relevansinya dengan kehidupannya sendiri. Relevansi masalah orang lain terhadap kehidupannya sendiri akan membuat seseorang berminat untuk terlibat dalam pendidikan multikultural.
Pendidikan pluralis-multikultural hendaknya dikembangkan agar pembelajar tidak mengembangkan sikap etnosentris. Dengan mengembangkan sikap yang non-etnosentris, kebencian dan konflik akan dapat dihindarkan secara maksimal. Itu berarti bahwa pendidikan ini bertujuan untuk membangun kesadaran yang tidak bersifat mengunggulkan diri dan kelompoknya sebagai yang paling unggul dengan mengalahkan yang lain. Kesadaran ini penting untuk ditumbuhkembangkan sebagai jembatan di dalam memahami agama dan budaya lain yang diharapkan akan tumbuh pemahaman yang mutualistis serta empati keragaman agama dan budaya di masyarakat.
Pendidikan pluralis-multikultural seharusnya dikembangkan secara integratif, komprehensif dan konseptual. Pendekatan semacam ini mengisyaratkan bahwa agar kurikulum pendidikan pluralis-multikultural memasukkan sebuah kurikulum yang bersifat total, terintegrasi ke dalam semua mata pelajaran seperti bahasa, ilmu pengetahuan sosial, sains dan teknologi, pendidikan jasmani, kesenian atau pendidikan moral.
Pendidikan pluralis-multikultural harus menghasilkan sebuah perubahan, bukan saja pada materi kurikulum, tetapi pada praktek pembelajaran dan struktur sosial dari sebuah kelas. Untuk mencapai suasana pembelajaran demikian, maka pembelajaran harus berorientasi pada proses, misalnya bermain peran, simulasi, diskusi, pembelajaran kooperatif, pembelajaran partisipatoris, dan sebagainya.
Pendidikan pluralis-multikultural lebih menekankan pada aspek afektif dan kognitif dengan cara membangun dan mengembangkan keterkaitan isu atau masalah-masalah keseharian yang dihadapi peserta didik di lingkungannya.
Pendidikan pluralis-multikultural harus mencakup realitas sosial dan kesejarahan dari agama dan etnis yang ada. Kontekstualisasi semacam ini memiliki makna penting untuk menumbuhkan rasa hormat, toleran dan menghargai keragaman yang ada.
Dalam konteks pendidikan agama berwawasan multikultural, seorang pendidik (guru) diharapkan bersikap demokratis. Artinya, segala prilakunya tidak diskriminatif terhadap peserta didik yang berbeda agama. Selain itu, ia juga diharapkan memiliki kepedulian yang tinggi terhadap isu-isu atau kejadian-kejadian yang terkait dengan masalah agama. Oleh karenanya, seorang pendidik sudah seharusnya menjelaskan bahwa inti dari ajaran agama adalah menciptakan kedamaian dan kesejahteraan bagi seluruh umat manusia, dan segala bentuk kekerasan sangat dilarang oleh agama. Dalam hal ini, setiap unit pendidikan (sekolah) juga diharapkan dapat menerapkan peraturan lembaga yang di dalamnya mencakup poin tentang larangan segala bentuk diskriminasi sehingga semua anggota di unit pendidikan (sekolah) itu dapat selalu belajar untuk saling menghargai orang lain yang berbeda.

3. Rancangan Pendekatan (Metodologi) Pendidikan Agama Berwawasan Pluralis-Multikultural
Pengembangan pendidikan agama berwawasan multikultural dapat diterapkan pada beberapa aspek, yakni: orientasi muatan (kurikulum), orientasi siswa, dan orientasi reformasi unit pendidikan (persekolahan).
Pada pendidikan yang berorientasi pada muatan, J.A. Banks (2009) menawarkan kerangka reformasi kurikulum dengan beberapa pendekatan: pertama, pendekatan kontributif, di mana tujuan utama pendekatan ini adalah memasukkan materi-materi tentang keragaman kelompok keagamaan (termasuk kelompok etnik dan kultur masyarakat). Kedua, pendekatan aditif, yaitu melakukan penambahan muatan-muatan, konsep-konsep baru ke dalam kurikulum tanpa mengubah struktur dasarnya. Dengan pendekatan ini, pendidikan agama memanfaatkan muatan-muatan khas multikultural sebagai pemerkaya bahan ajar, konsep-konsep tentang harmoni kehidupan bersama antar umat beragama yang akan memberi nuansa untuk mencairkan kebekuan “state of mind” (pemikiran) para pelaku pendidikan dalam merespons eksistensi agama-agama lain, serta tema-tema tentang toleransi, ko-eksistensi, pro-eksistensi, kerjasama, saling menghargai dan memahami. Hal senada juga diungkapkan H.A.R. Tilaar, ia menyebutkan bahwa rancang bangun untuk melaksanakan pendidikan multikultural adalah sedikitnya berdasarkan susunan piranti sebagai berikut: reformasi kurikulum, pengajaran prinsip-prinsip keadilan sosial, pengembangan kompetensi multikultural, dan pelaksanaan pendidikan kesetaraan.
Indikator keberhasilan pendidikan multikultural adalah terbentuknya manusia yang mampu memposisikan dirinya sebagai manusia dan memiliki jati diri yang berbeda dari orang lain dalam masyarakat. Di samping itu, memiliki ideologi theisme (ketuhanan), humanisme, sosialisme dan kapitalisme dengan penghayatan dan pengalaman untuk bersikap dan berprilaku yang pluralis, heterogenistis dan humanis. Oleh karena itu, indikator keberhasilan pendidikan multikultural dapat dilihat dalam menetapkan ideologi yang dikembangkan dalam lembaga pendidikan tersebut.
Untuk merancang strategi hubungan multikultural dalam pendidikan (termasuk pendidikan agama) setidaknya dapat digolongkan kepada 2 (dua) pengalaman, yakni: pengalaman pribadi dan pengalaman pengajaran yang dilakukan oleh guru (pendidik). Pengalaman pribadi dapat dikondisikan dengan menciptakan suasana seperti: pertama, seluruh peserta didik baik yang minoritas maupun mayoritas memiliki status dan tugas yang sama. Kedua, seluruh peserta didik bergaul, berhubungan, berkembang dan berkelanjutan bersama. Ketiga, seluruh peserta didik berhubungan dengan fasilitas, gaya belajar guru dan norma kelas yang sama. Adapun dalam bentuk pengalaman pengajaran adalah sebagai berikut: pertama, guru harus sadar akan keragaman siswa. Kedua, bahan kurikulum dan pengajaran seharusnya merefleksikan keragaman. Dan ketiga, bahan kurikulum dituliskan dalam bahasa-bahasa daerah/etnik yang berbeda.
Menurut A. Qodry Azizy, pendekatan yang dapat dilakukan di dalam pendidikan yang berwawasan multikultural adalah pendekatan “holitik-integratif”, yaitu pendekatan yang memandang bahwa: pertama, pendidikan merupakan suatu proses berkesinambungan. Ini berarti bahwa kebutuhan dan kepentingan manusia tidak akan pernah selesai. Pendidikan dalam hal ini tidak berhenti ketika manusia (peserta didik) menjadi dewasa, tetapi akan terus berkembang di dalam interaksi 4 (empat) dimensi, yakni: manusia dengan dirinya sendiri, manusia dengan manusia, manusia dengan lingkungan sekitar, dan manusia dengan Tuhannya. Kedua, proses pendidikan berarti menumbuh-kembangkan eksistensi manusia, dan eksistensi tersebut tentunya membutuhkan interaksi dengan dirinya sendiri dan sesuatu di luar dirinya. Ketiga, pendidikan berupaya menciptakan eksistensi manusia yang memasyarakat. Dalam pengertian ini, proses pendidikan bukan hanya menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat atau hidup di dalam masyarakat, tetapi proses pendidikan tersebut adalah dalam rangka membentuk masyarakat itu sendiri. Keempat, proses pendidikan yang membudaya dan sarat nilai. Dan kelima, pandangan bahwa proses bermasyarakat dan budaya mempunyai dimensi ruang dan waktu.
Selain itu, di dalam pendidikan agama berwawasan pluralis-multikultural perlu juga upaya pendekatan lain seperti: pendekatan estetik dan pendekatan berperspektif gender.
Pendekatan estetik di dalam pendidikan agama akan menjadikan peserta didik memiliki sifat-sifat yang santun, damai, ramah, dan mencintai keindahan. Dalam pendekatan ini, pendidikan agama tidak didekati secara doktrinal yang cenderung menekankan adanya “otoritas-otoritas” kebenaran agama, tetapi lebih apresiatif terhadap gejala-gejala yang terjadi di masyarakat serta dilihat sebagai bagian dari dinamika hidup yang bernilai estetis.
Sedangkan pendekatan berperspektif gender adalah pendekatan yang tidak membedakan peserta didik dari aspek jenis kelamin. Dengan demikian pendekatan ini sangat manusiawi.
Pendekatan lain yang juga dapat diupayakan di dalam pendidikan berwawasan multikultural adalah pendekatan sosiologis, yaitu pendekatan yang meletakkan hakikat pendidikan kepada keperluan hidup bersama di dalam masyarakat. Titik tolak pandangan ini memprioritaskan kepada kebutuhan masyarakat, dan bukan kepada kebutuhan individu. Pendekatan ini mengutamakan kebersamaan, kerjasama, dan keragaman masyarakat tanpa dominasi dan diskriminasi.
Adapun metode yang dapat diterapkan dalam pendidikan agama berwawasan pluralis-multikultural cukup beragam. Metode yang paling baik dalam sebuah pembelajaran idealnya bervariatif, baik antara teknik yang berpusat pada guru maupun teknik pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.
Salah satu metode yang dapat diterapkan adalah dengan menggunakan “model komunikatif” dengan menjadikan perbedaan sebagai titik tekan. Metode ini sangat efektif apalagi dalam proses belajar mengajar yang sifatnya kajian perbandingan agama dan budaya. Sebab, dengan komunikasi ini memungkinkan setiap komunitas yang memiliki latar belakang berbeda dapat mengemukakan pendapatnya secara argumentatif. Dalam proses inilah diharapkan adanya sikap “lending and borrowing” serta saling mengenal antar tradisi dan agama. Sehingga bentuk-bentuk “truth claim” dan “salvation claim” dapat dihindarkan. Metode komunikatif ini akan mampu melahirkan suasana interaksi yang dialogis. Interaksi dialogis merupakan suatu tuntutan yang harus dibangun di dalam kehidupan yang serba berbeda dan penuh keragaman.
Selain metode di atas, perlu juga diterapkan metode-metode lain sebagai metode pendukung seperti: metode belajar aktif (collaborative learning), metode belajar melalui penemuan dan pengalaman sendiri (self discovery learning), ceramah (socratic teaching) yakni ceramah atau ekspose yang diawali dengan pertanyaan lalu diberikan jawaban yang terus mengalir sehingga terjadi interaksi antara pendidik dan peserta didik.

C. Penutup
Di akhir tulisan ini penulis perlu menekankan bahwa tujuan dari dilakukannya upaya pendidikan agama yang berawawasan pluralis-multikultural adalah terciptanya pemahaman agama bagi peserta didik yang pluralis, humanis, inklusif, serta penuh toleransi dan saling menghargai antar pemeluk agama lain. Sehingga, dari upaya tersebut pada akhirnya akan dapat terwujud keharmonisan dan kedamaian di dalam kehidupan masyarakat, sesuai dengan cita-cita dan tujuan hakiki dari ajaran universal agama. Hal ini pada gilirannya sekaligus akan sedikit-demi sedikit mengikis pandangan-pandangan yang negatif terhadap eksistensi agama yang selama ini dianggap sebagai “mesin pembunuh”. Semoga.


Materi Praktik Doa Harian PAI 6C

BAHAN UJIAN PRAKTIK DOA SEHARI HARI

1. Doa Keluar Rumah
بِسْمِ اللَّهِ تَوَ كَلْتُ عَلَ اللَّهِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّ ةَ اِ لاَّ بِا للَّهِ
Artinya:
Dengan menyebut nama Allah aku berserah diri kepadanya, tiada daya kekuatan melainkan dengan petolongan Allah.

2. Doa Masuk Masjid
اَ للَّهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ
Artinya:
Ya Allah bukakanlah bagiku pintu pintu rahmatmu

3. Doa sesudah Adzan
اَللَّهُمَّ رَبَّ هَذِ هِ الدَّعْوَةِالتَّامَّةِ وَالصَّلاَةِ الْقَائِمَةِ اَتِ مُحَمَّدَانِالْوَسِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَلِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَشْهُ مَقَا مًا مَحْمُوْدَاانِ الَّذِيْ وَعَدْ تَهُ اِنَّكَ لاَ تُحْلِفُ الْمِيْعَادَ يَا اَرْحـَمَ الرَّا حِمِيْنَ
Artinya:
Ya Allah, Rabb yang memiliki seruan yang sempurna dan salat yang tetap didirikan, karuniakanlah kepada Nabi Muhammad wasilah dan kelebihan, dan tempatkanlah dia pada kedudukan yang terpuji yang telah Engkau janjikan, sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janjimu, wahai Dzat yang Maha Pengasih.

4. Doa sesudah Iqomah
اَقَا مَهَا اللَّهُ وَاَدَا مَهَا مَادَامَتِ السَّمَوَاتُ وَاْلاَرْضُ
Artinya:
Semoga Allah menegakkan dan mengabadikan salat selama masih ada langit dan bumi

5. Doa sebelum Belajar
يَا رَبِّ زِدْنِى عِلْمًا وَارْزُقْنِى فَهْمًا
Artinya:
Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berilah aku kepahaman

6. Doa Pembuka Hati
رَبِّ اشْرَحْ لِى صَدْرِيْ وَيَسِّرْلِى اَمْرِيْ وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَا نِيْ يَفْقَهُوْا قَوْلِيْ
Artinya:
Ya Allah lapangkanlah dadaku, mudahkanlah pekerjaanku dan lancarkanlah lidahku agar mereka paham pembicaraanku







7. Doa mohon Kebaikan Dunia Akhirat
رَبَّنَا اَتِنَا فِى الدُّ نَيَا حَسَنَةً وَفِى اْلاَ جِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَا بَ النَّا رِ
Artinya:
Ya Allah tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan akhirat, dan jauhkanlah kami dari siska neraka.

8. Doa akan Makan
اَللَّهُمَّ بَا رِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَ قِنَا عَذَا بَا النَّا ر
Artinya:
Ya Allah berilah kami keberkahan di dalam sesuatu yang telah Engkau rezekikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka.

9. Doa Menengok Orang Sakit
اللَّهُمَّ رَبَّ النَّا سِ اَذْهِبِ الْبَأْ سَ اِسْفِ اَنْتَ الشَّا فِى لاَشِفَاءَ اِلاَّ شِفَاءُوكَ شِفَاءً لاَ يُغَا دِرُ سَقَمًا
Artinya:
Ya Allah yang menguasai (memelihara ) manusia, hilangkanlah penyakitnya, dan sembuhkanlah (sakitnya), Engkau dzat yang menyembuhkan penyakit, tiadalah ada penyembuh kecuali dengan penyembuh Engkau, sembuh yang tiada meninggalkan penyakit lagi.

10. Doa Ketika ditimpa Musibah
اِنَّا لِلَّهِ وَاِنّا اِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ, اَللَّهُمَّ عِنْدَكَ اَحْتَسِبْ مُصِيْبَتِى فَأْجُرْنِى فِيْهَا وَاَبْدِ لْنِى مِنْهَا خَيْرًا
Artinya:
Sesungguhnya kami milik Allah dan kembali hanya kepadaNya, Ya Allah, padamu aku memperhitungkan musibahku, maka berilah aku pahala dalam musibah itu dan berilah aku ganti yang lebih baik daripadanya.

11. Doa Mohon Senantiasa Mendapat Petunjuk
رَبَّنَا لاَ تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ
Artinya:
Ya AllahTuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia).

12. Doa Kemuliaan Keluarga
رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَاماً
Artinya:
"Ya Allah Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.



13. Doa Masuk Kamar Mandi
اَللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْجَبَائِثِ
Artinya:
Ya Allah tuhan kami, sesungguhnyaaku memohon perlindungan kepadamu dari segala kejahatan dan kotoran

14. Doa Memohonkan ampun Kedua Orangtua
اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَا لِدَيَّ وَرْحَمْهُمَّا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا
Ya Allah, ampunilah segala dosaku dan dosa kedua orang tuaku, kasihanilah keduanya sebagaimana mereka memelihara aku ketika aku masih kecil

15. Doa Mohon Ilmu Yang Bermanfaat
اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْأَ لُكَ عِلْمًا نَا فِعًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً وَرِزْقًا وَاسِعًا وَاِلَى الْخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِ بَعْدِ نَا
Artinya:
Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepadamu ilmu yang bermanfaat, amal perbuatan yang diterima, rizqi yang lapang dan dekatkanlah aku pada perilaku yang baik serta jauhkanlah aku dari perbuatan yang jahat.

16. Doa Ketika Akan Melaksanakan Ujian
رَبَّنَا اَتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ اَمْرِنَا رَثَدًا
Artinya:
Ya Allah tuhan kami, berilah kami rahmat dari sisimu dan persiapkan kami dalam urusan kami dengan petunjukMu.

17. Doa Menghadapi Kesulitan
اَللَّهُمَّ لاَسَهْلَ اِلاَّ مَاجَعَلْتَهُ سَهْلاُ وَ اَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ اِذَ شِئْتَ سَهْلاً
Artinya:
Ya, Allah tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah dan Engkau berkuasa menjadikan kesulitan apabila Engkau kehendaki sebagaikemudahan

18. Doa Ketika Bercermin
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ كَمَا حَسَنْتَ خَلْقِى فَحَسِّنْ خُلُقِى
Artinya:
Segala puji bagi Allah, berikan kebaikan budi pekerti sebagaimana Engkau telah memberikan kebaikan pada rupa wajahku

19. Doa Naik Kendaraan Darat
سُبْحَنَا الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّا اِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ
Artinya:
Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dantiada kami mempersekutukan bagiNya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Rabb kami.




20. Doa Mohon Diberi Kecerdasan Berpikir
اَللَّهُمَّ اَلْهِمْنِى رُشْدِيْ وَاَعِذْنِيْ مِنْ شَرِّ نَفْسِيْ
Artinya:
Ya Allah, ilhamkanlah kepadaku kecerdasan dan lindungilah aku dari kejahatan nafsuku

Selasa, Maret 09, 2010

Maaf Nilai UTS Belum Dapat Ditampilkan

Untuk hasil nilai Ujian Tengah Semester untuk sementara belum dapat dilihat,insya Allah dalam beberapa hari kedepan.Trimakasih.